Oleh: Hedri Wahyudi | Juli 27, 2011

Hasil Pacu Jalur Teluk Kuantan Tahun 2011

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan pacu jalur dipercepat dari biasanya. Lazimnya pacu jalur yang merupakan event nasional, masuk dalam salah satu agenda pariwisata nasional dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT-RI yang pelaksanaannya sekitar tanggal 23-26 Agustus setiap tahunnya. Disebabkan tanggal tersebut pada tahun 2011 bertepatan dengan bulan Ramadhan, sementara itu pelaksanaan pacu jalur membutuhkan energi ekstra sehingga dikhawatirkan mengganggu ibadah Ramadhan, maka pelaksanaan pacu jalur pada tahun 2011 di Teluk Kuantan dilaksanakan pada tanggal 23-26 Juli 2011.

Pengunjung di Tepian Narosa Pada Hari Ke-4 Pacu Jalur Tahun 2011

Pengunjung di Tepian Narosa Pada Hari Ke-4 Pacu Jalur Tahun 2011


Secara umum pelaksanaan Pacu Jalur di Teluk Kuantan Tahun 2011 berjalan lancar. Hanya saja pada hari Ke-4 setelah hasil putaran kedua hilir yang kedua diumumkan (dimana antara Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori vs Jalur Puti Mandi Mayang Taurai RAPP, dimenangkan oleh Jalur Puti Mandi Mayang Taurai), terjadi bentrokan antara kedua belah pihak jalur. Diduga insiden ini dipicu oleh salah satu pihak (jalur) tidak terima dengan hasil akhir ataupun keputusan Dewan Hakim. Namun lebih detail tentang sebab dan kronologi kejadiannya, saya tidak tau pasti karena hal itu sudah ditangani oleh Aparat Keamanan. Menurut saya Aparat Keamanan kurang mengantisipasi bentrokan yang sudah dapat diperkirakan terjadi. Saya pribadi sangat menyesalkan insiden seperti ini terjadi. Barangkali pembaca yang memiliki jiwa sportifitas dalam bertanding juga menyikapi insiden tersebut serupa dengan saya. Semoga hal-hal seperti ini tidak pernah terjadi lagi pada event-event Pacu Jalur dimasa yang akan datang. Amiin.
Jalur Puti Mandi Mayang Taurai RAPP Menuju Tambatan setelah Mendengarkan Keputusan Dewan Hakim Pada Hari Ke-4 Putaran ke-2, beberapa saat sebelum terjadi bentrokan

Jalur Puti Mandi Mayang Taurai RAPP Menuju Tambatan setelah Mendengarkan Keputusan Dewan Hakim Pada Hari Ke-4 Putaran ke-2, beberapa saat sebelum terjadi bentrokan


Hasil Pacu Jalur yang dilaksanakan di Teluk Kuantan dari tanggal 23-26 Juli 2011 adalah :
Juara I direbut oleh Jalur Sembilan Langkah Puteri Samudera, berasal dari Desa Banjar Benai Kec. Benai Kab. Kuansing
Juara II direbut oleh Jalur Puti Mandi Mayang Taurai RAPP (Juara I Pacu Jalur Teluk Kuantan 2010), berasal dari Desa Rantau Sialang Kec. Kuantan Mudik Kab. Kuansing.
Juara III direbut oleh Jalur Sialang Soko Putri Mandi, berasal dari Desa Sitako Raya Kec. Peranap Kab. Indragiri Hulu
Juara IV direbut oleh Jalur Dewa Ruci Arung Samudera, berasal dari Desa Pulau Sipan Kec. Inuman Kab. Kuansing.
Juara V direbut oleh Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori, berasal dari Desa Kampung Baru Kec. Gunung Toar Kab. Kuansing
Juara VI direbut oleh Jalur Kalo Jengking Tigo Jumbalang, berasal dari Desa Sungai Manau Kec. Kuantan Mudik Kab. Kuansing.
Juara VII direbut oleh Jalur Toduang Kuantan, berasal dari Desa Tanah Bekali Kec. Pangean Kab. Kuansing
Juara VIII direbut oleh Jalur Giriang-giriang Rimbo Putri Maimbau, berasal dari Desa Jaya Kopah Kec. Kuantan Tengah Kab. Kuansing
Juara IX direbut oleh Jalur Panglimo Olang Putiah, berasal dari Desa Sungai Ala Kec. Hulu Kuantan Kab. Kuansing

Berikut ini video cuplikan pacu jalur pada hari ke-4 putaran kedua antara jalur iang Kuantan Cahayo Nagori, berasal dari Desa Kampung Baru Kec. Gunung Toar Kab. Kuansing melawan Jalur Puti Mandi Mayang Taurai RAPP, berasal dari Desa Rantau Sialang Kec. Kuantan Mudik Kab. Kuansing.

Demikian hasil terakhir yang saya ketahui, jika ada penambahan juara ataupun kesalahan penulisan peringkat atau nama jalur, saya minta maaf dan tolong dishare (beritahu) kepada saya untuk informasi bersama.

Dibawah ini terdapat rekaman final perebutan peringkat I dan II Pacu Jalur di Teluk Kuantan tahun 2011 beberapa saat sebelum memasuki finish.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: