Oleh: Hedri Wahyudi | April 16, 2010

Steganografi

Steganografi adalah ilmu sekaligus seni untuk menyembunyikan suatu data yang berisi informasi sehingga keberadaan data tersebut tidak diketahui oleh orang lain. Steganografi berasal dari kata steganos dan graptos. Steganos dalam bahasa Yunani artinya tersembunyi dan graptos artinya tulisan.

Steganografi sudah digunakan sejak zaman Yunani kuno. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Herodatus, saat menuliskan pesan rahasia pada kepala budak yang telah dibotaki. Budak tersebut baru mengantarkan pesan yang ada dikepalanya setelah rambut dikepalanya tumbuh sehingga orang tidak dapat melihat dan mengetahui keberadaan pesan tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman, steganografi berkembang menjadi steganografi modern. Steganografi modern membutuhkan dua komponen yaitu data yang akan disembunyikan dan media tempat menyembunyikan data. Data yang akan disembunyikan dapat berupa teks, citra (gambar), suara (audio), dan video. Begitu juga media yang akan dijadikan tempat persembunyian dapat berupa teks, citra (gambar), suara (audio), dan video.

Arubusman, dalam skipsinya menuliskan beberapa metode dalam steganografi dewasa ini. Metode-metode untuk menyembunyikan data tersebut juga bermacam-macam, tergantung media persembunyiannya. Steganografi yang menggunakan teks sebagai media persembunyiannya dapat menggunakan metode spasi terbuka, metode sintaktik, dan metode semantik. Sementara itu steganografi yang menggunakan media citra (gambar) dapat menggunakan metode least significant bit (LSB), masking dan filtering, dan transformation. Kemudian yang menggunakan media suara (audio) diantaranya adalah low bit coding, phase coding, spread spectrum, dan echo coding.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: