Oleh: Hedri Wahyudi | Mei 29, 2008

Sebuah Koreksi Atas Kesalahan “Wildress” dalam Menafsirkan Ayat Suci Alquran dalam Film “Fitna”

SIKAP MUSLIM TERHADAP NON MUSLIM MENURUT ISLAM

Salah satu ayat yang dikemukakan dalam film Fitna adalah Surat An-Nisaa’ ayat 89, yang artinya :

Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah kamu jadikan di antara mereka penolong-penolong(mu), hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling, tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorangpun di antara mereka menjadi pelindung, dan jangan (pula) menjadi penolong”.

Namun, pada surat An-Nisaa’ ayat 90 ada pengecualian, sebagaimana artinya : ”Kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum, yang antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai) atau orang-orang yang datang kepada kamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu dan memerangi kaumnya. Kalau Allah menghendaki, tentu Dia memberi kekuasaan kepada mereka terhadap kamu, lalu pastilah mereka memerangimu. Tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian kepadamu maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka.

Akan tetapi ”Wildress” hanya membaca ayat tersebut sepotong-sepotong. Jika disimak dari arti dari surat An-Nisaa’ ayat 90, bahwa seorang muslim tidak diperintahkan membunuh orang-orang non muslim yang telah ada perjanjian memberikan perlindungan kepada suatu kaum, dimana suatu kaum itu telah membuat kesepakatan damai dengan kaum muslim. Ayat ini merupakan dasar dari hukum suaka. Selain seorang muslim juga tidak diperintahkan membunuh orang-orang non muslim yang bersikap netral. Ataupun juga orang non muslim yang tidak melakukan perlawanan (menyerah), maka Allah melarang untuk membunuhnya.

Hal ini juga dikemukakan oleh khatib ditempat saya melakukan sholat jumat di Masjid At-Taqwa Catur Tunggal Yogyakarta tanggal 11 April 2008.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: