Oleh: Hedri Wahyudi | Februari 4, 2008

CERMIN DUA ARAH

 

 

Belakangan ini kita sudah sering mendengar beredarnya video-video porno indonesia. Baik yang terekspos pada berita-berita di media massa, media cetak, media elektronik, media-media lainnya maupun yang tidak tereskpos. Video tersebut ada yang sengaja di ambil (rekam) dengan berbagai macam tujuan dan ada pula yang direkam tanpa disadari oleh ‘korban pelecehan visual’. Bisa jadi di suatu hotel, toilet maupun kamar ganti pakaian di tempat-tempat umum, tanpa kita tidak sadari apa yang kita lakukan pada tempat-tempat tersebut direkam oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca email, yang isinya mengingatkan akan bahaya sebagaimana yang disebutkan diatas. Yang menjadi korban hal semacam ini kebanyakan kaum wanita. Untuk itu kepada para wanita diharapkan meningkatkan kewaspadaan terhadap perkosaan secara visual ini. Bisa jadi ruang-ruang publik yang diperuntukkan untuk hal-hal yang bersifat privacy, tapi bisa diakses oleh orang lain.

Sebagai mana yang disebutkan pada email tersebut, salah satu cara mengakses kegiatan pada ruang-ruang publik yang bersifat privacy tersebut adalah menggunakan Cermin dua arah.

Cermin dua arah adalah suatu cermin yang dibelakangnya bisa digunakan untuk melihat orang yang berada di depan cermin, sementara orang yang ada di depan cermin tidak dapat melihat orang yang berada di belakang cermin. Cermin ini biasanya terdapat pada ruang interograsi ataupun ruang-ruang lain yang ada pada kantor Polisi. Bagaimana jika cermin-cermin yang ada di kamar hotel tempat anda menginap, cermin pada ruang ganti, cermin pada kamar pas di toko-toko pakaian, atau cermin yang ada di toilet-toilet umum?

Dari email yang saya peroleh, disebutkan, cara mengidentifikasi cermin tersebut adalah dengan melakukan tes kuku jari. Letakkan ujung kuku anda di permukaan cermin. Jika ada jarak antara kuku anda dan bayangan kuku anda di cermin, bisa diambil kesimpulan bahwa cermin itu adalah cermin biasa, bukan cermin dua arah. Tetapi apabila kuku anda langsung menyentuh bayangan kuku anda di cermin, anda perlu hati-hati jika tidak ingin kegiatan-kegiatan pribadi anda dilihat orang lain.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: